13 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Kondom

Kesalahan umum saat menggunakan kondom: Anda mungkin tak menyadarinya! 🚫🌑️ Dari pemasangan terlambat hingga lubrikasi yang salah, pelajari cara melindungi diri dengan benar dan hindari risiko yang tak perlu! πŸ‘πŸ”’ #KesehatanSeksual #PentingnyaKondom
13 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Kondom

Tidak menggunakan kondom adalah tindakan yang sangat berisiko. Bahkan ketika Anda berperilaku dengan penuh tanggung jawab dan berhati-hati, risiko kecelakaan tetap ada.

Kondom yang mengalami kerusakan atau sobekan, meskipun jarang terjadi, bukanlah hal yang mustahil. Namun, penting untuk diingat bahwa ada berbagai kesalahan lain yang sering terjadi saat menggunakan kondom, seperti yang dipaparkan dalam sebuah artikel dari jurnal Sexual Health yang mengulas hasil dari 50 studi yang melibatkan lebih dari 16 tahun di 14 negara berbeda. Artinya, kehati-hatian dalam penggunaan kondom sangat penting untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan termasuk pemakaian yang terlambat atau melepasnya sebelum hubungan intim benar-benar selesai, tidak menyisakan ruangan di ujung kondom untuk air mani, hingga keteledoran memeriksa kemasan guna meneliti kedaluwarsa atau kecacatan produk.

Kesalahan sepele ini bisa menempatkan Anda dan pasangan terhadap peluang kehamilan yang tidak diinginkan dan penularan penyakit kelamin yang lebih tinggi, tandas para peneliti.

Apakah Anda pernah membuat salah satu kesalahan di atas? Dari penelitian tersebut, berikut adalah 13 kesalahan menggunakan kondom yang paling umum.

Kesalahan-kesalahan Dalam Menggunakan Kondom

1. Pemasangan Kondom Terlambat

Sebanyak 17-51,1 persen pasangan dilaporkan menggunakan kondom setelah hubungan seksual sudah dimulai. Ini adalah tindakan berisiko, terutama jika foreplay melibatkan penetrasi.

2. Pemasangan Terlalu Cepat

Pemasangan yang terlalu dini, saat penis belum ereksi sepenuhnya, juga berisiko. Kondom sebaiknya dipasang saat penis setengah ereksi atau sepenuhnya.

3. Melepas Terlalu Cepat:

Melepas kondom sebelum hubungan seksual benar-benar berakhir juga berisiko, karena dapat meningkatkan peluang penularan penyakit kelamin dan kehamilan yang tidak diinginkan.

4. Membuka Gulungan Kondom Sebelum Memakainya

Membuka keseluruhan gulungan kondom sebelum memakainya dapat membuat proses pemakaian jauh lebih sulit dan meningkatkan risiko sobek atau rusak.

5. Tidak Menyisakan Ruang di Ujung

Tidak menyisakan ruang di ujung kondom untuk air mani dapat meningkatkan risiko kebocoran.

6. Menyisakan Gelembung Udara

Pemasangan yang terburu-buru dan tidak tepat bisa menciptakan ruang udara dalam kondom, yang meningkatkan risiko sobek atau robek.

7. Pemasangan Setengah-setengah

Memulai hubungan seksual sebelum kondom benar-benar melapisi seluruh penis meningkatkan risiko penularan penyakit kelamin.

8. Menggunakan Satu Kondom Untuk Dua Situasi Berbeda

Melepas dan memasang ulang kondom dapat mengekspos Anda dan pasangan Anda pada cairan pra-ejakulasi dan peningkatan risiko penularan penyakit kelamin atau kehamilan.

9. Paparan Pada Benda Tajam

Membuka bungkus kondom dengan benda tajam dapat merusak kondom, meningkatkan risiko sobek.

10. Tidak Memeriksa Kedaluwarsa dan Kecacatan Pabrik

Penting untuk memeriksa kondom sebelum pemakaian untuk memastikan tidak ada kerusakan atau kondisi yang buruk.

11. Tidak Menggunakan Pelumas

Penggunaan kondom tanpa lubrikasi dapat meningkatkan risiko sobek. Pelumas dapat memudahkan pemasangan dan mengurangi risiko kerusakan.

12. Salah Pilih Pelumas

Mengombinasikan lubrikasi berbahan minyak dengan kondom lateks dapat merusak kondom. Gunakan pelumas berbahan dasar air atau silikon.

13. Metode Penarikan Yang Kurang Tepat

Gagal untuk secepatnya menarik penis keluar setelah ejakulasi adalah salah satu kesalahan umum saat menggunakan kondom. Pastikan Anda menarik kondom dengan hati-hati untuk mencegah tumpahan.

Ketika melepas kondom setelah ejakulasi benar-benar berakhir, pegang pinggiran kondom saat Anda menarik kondom untuk melepasnya, agar mencegah adanya tumpahan.

Kesimpulan

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan yang umum saat menggunakan kondom dan dengan memastikan pemakaian yang benar, individu dapat menjaga kesehatan dan keselamatan mereka serta mencegah konsekuensi yang tidak diinginkan dalam aktivitas seksual mereka.

Innocent Beast tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

  1. Safety First: 14 Common Condom Use Errors http://www.livescience.com/18661-14-common-condom-errors.html
  2. Condom use 101: Basic errors are so common, study finds http://vitals.nbcnews.com/_news/2012/02/26/10511064-condom-use-101-basic-errors-are-so-common-study-finds?lite
  3. The 10 common condom mistakes that could leave YOU pregnant or riddled with STDs – from putting it on inside out to leaving it on too long http://www.dailymail.co.uk/health/article-3391163/From-putting-inside-leaving-long-expert-reveals-10-common-condom-mistakes-leave-pregnant-riddled-STDs.html#ixzz4GiCiKdoA
0 0 votes
Rating Artikel
Langganan
Beritahukan
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar Anda sangatlah berharga bagi kami. Jangan ragu untuk berbagi pandangan Anda.x
()
x
Innocent Beast
Logo