Berapa Kalori yang Terbakar Saat Berlari: Faktor Penting yang Mempengaruhi

Berapa kalori yang bisa Anda bakar saat berlari? Jawabannya lebih menarik daripada yang Anda kira! Kecepatan, berat badan, cuaca, dan banyak faktor lainnya memengaruhi hasilnya. Siap-siap untuk pengetahuan yang memotivasi! πŸƒβ€β™‚οΈπŸ’ͺ #LariDanKalori
Berapa Kalori yang Terbakar Saat Berlari: Faktor Penting yang Mempengaruhi

Selain baik untuk kesehatan jantung, lari juga dapat membantu menurunkan berat badan. Anda mungkin penasaran, berapa banyak kalori yang terbakar saat berlari?

Jangan lewatkan penjelasan berikut untuk mengetahui jawaban lengkapnya!

Berapa Kalori yang Terbakar saat Berlari?

Pada umumnya, lari atau jogging dapat membakar sekitar 190 kalori dalam waktu 30 menit. Angka ini didasarkan pada asumsi bahwa Anda memiliki berat badan sekitar 60 kg dan berlari dengan kecepatan sedang selama 30 menit.

Namun, jumlah kalori yang terbakar saat berlari sangat bergantung pada beberapa faktor seperti durasi lari, jarak tempuh, kecepatan, dan bahkan berat badan Anda. Ini disebut intensitas lari.

Jadi, berapa banyak kalori yang akan terbakar jika Anda berlari lebih lama, menempuh jarak yang lebih jauh, atau memiliki berat badan yang berbeda dari 60 kg?

Intensitas Lari Mempengaruhi Kalori yang Terbakar

Semakin tinggi intensitas latihan lari, semakin banyak kalori yang akan terbakar. Selain itu, berat badan Anda juga memainkan peran penting dalam perhitungan ini.

Contohnya, seorang dewasa dengan berat badan 70 kg yang jogging selama satu jam dengan jarak lari sekitar 5 km bisa membakar sekitar 444 kalori. Di sisi lain, seseorang dengan berat badan 84 kg yang melakukan lari dengan jarak dan waktu yang sama dapat membakar sekitar 533 kalori.

Jika Anda lebih suka berlari di atas treadmill, Anda akan lebih mudah memantau berapa banyak kalori yang terbakar. Treadmill akan memberikan perhitungan otomatis dari kalori yang terbakar selama Anda berlari. Selain itu, aplikasi tertentu pada smartphone atau smartwatch juga dapat memberikan perhitungan yang akurat tentang pembakaran kalori saat Anda berlari.

Faktor yang Mempengaruhi Pembakaran Kalori Saat Berlari

Olahraga lari atau jogging adalah salah satu jenis olahraga kardiovaskular yang mudah diakses dan terjangkau. Hanya dengan berbekal sepatu, Anda sudah bisa berlari di sekitar kompleks rumah atau di tempat-tempat terbuka lainnya.

Meskipun ada berbagai jenis olahraga kardio selain lari, jogging tetap digemari karena praktis dan efektif dalam membakar lemak. Untuk memahami berapa banyak kalori yang dapat terbakar saat berlari, penting untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi pembakaran kalori.

1. Berat Badan

Berat badan Anda memiliki peran penting dalam jumlah kalori yang terbakar saat berlari. Semakin berat berat badan Anda, semakin banyak kalori yang terbakar selama lari. Bahkan saat Anda sedang beristirahat, tubuh tetap membakar kalori.

Jika tujuan Anda adalah menurunkan berat badan, lari bisa menjadi salah satu pilihan olahraga yang efektif. Namun, jika Anda memiliki berat badan yang lebih tinggi, terutama lemak perut yang tinggi, mungkin akan diperlukan adaptasi saat pertama kali mulai berlari. Penting untuk menghindari berlebihan di awal proses berlari.

2. Kecepatan Lari

Kecepatan dan intensitas lari juga memengaruhi pembakaran kalori. Semakin cepat Anda berlari, semakin banyak tenaga yang digunakan, dan itu berarti lebih banyak kalori yang terbakar. Sebagai contoh, seseorang dengan berat badan sekitar 80 kg yang berlari selama 30 menit dengan jarak 2-3 km dan kecepatan sedang bisa membakar sekitar 290 kalori. Jika dia berlari dengan kecepatan yang sama, tetapi lebih jauh, misalnya 4-6 km dalam waktu 1 jam, maka dia akan membakar sekitar 580 kalori.

Namun, penting untuk tidak terlalu terpaku pada kecepatan lari. Ada beberapa tips yang bisa digunakan, terutama saat Anda baru memulai lari, untuk menghindari jebakan mitos olahraga lari.

3. Permukaan Tanah

Jenis permukaan yang Anda tempuh saat berlari juga memengaruhi jumlah kalori yang terbakar. Berlari di atas treadmill dalam ruangan akan berbeda dari berlari di trotoar, pasir, atau rute berkontur dengan tanjakan atau turunan.

Berlari di atas treadmill atau di dalam ruangan memerlukan sedikit usaha ekstra karena Anda tidak terpengaruh oleh faktor seperti angin atau hambatan di jalan. Sebaliknya, berlari di permukaan luar ruangan, terutama jika ada tanjakan, akan membutuhkan lebih banyak tenaga dan energi.

4. Suhu dan Cuaca

Suhu dan cuaca juga dapat memengaruhi pembakaran kalori saat berlari. Berlari saat cuaca dingin dapat meningkatkan intensitas lari Anda karena tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Di sisi lain, berlari saat cuaca panas juga dapat meningkatkan pembakaran kalori karena tubuh Anda harus bekerja untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Kesimpulan

Dengan memahami faktor-faktor ini, Anda dapat mengatur program latihan lari Anda sesuai dengan tujuan kesehatan dan kebugaran pribadi Anda, serta mengoptimalkan pembakaran kalori selama sesi latihan.

Jadi, jika Anda ingin tahu berapa banyak kalori yang akan terbakar saat berlari, pertimbangkan berat badan Anda, kecepatan lari, permukaan tanah, dan suhu atau cuaca sekitar. Selain membantu kesehatan jantung, lari adalah olahraga yang efektif dalam membantu menurunkan berat badan dan membakar kalori. Meskipun hasil yang berbeda-beda bisa ditemukan pada setiap individu, lari tetap menjadi pilihan olahraga yang mudah diakses dan efektif.

Innocent Beast tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

  1. Ace Fit: Physical activity calorie counter. ACE Fit | Physical Activity Calorie Counter. (n.d.). Retrieved August 29, 2022, from https://www.acefitness.org/resources/everyone/tools-calculators/physical-activity-calorie-counter/
  2. Blackburn, K. (2022). How to determine calorie burn. Retrieved 29 August 2022, from https://www.mdanderson.org/publications/focused-on-health/How-to-determine-calorie-burn.h27Z1591413.html
  3. Can you boost your metabolism?. (2022). Retrieved 29 August 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/metabolism/art-20046508
  4. Waldo, L. (2022). Counting Calories and Weight Loss: 5 questions you need the right answers to | YMCA of Middle Tennessee. Retrieved 29 August 2022, from https://www.ymcamidtn.org/health-and-fitness/articles/counting-calories-and-weight-loss-5-questions-you-need-right-answers
  5. Dieter, B. (2022). 5 Things You Need to Know About Your Metabolism. Retrieved 29 August 2022, from https://blog.nasm.org/nutrition/5-things-to-know-about-metabolism
0 0 votes
Rating Artikel
Langganan
Beritahukan
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar Anda sangatlah berharga bagi kami. Jangan ragu untuk berbagi pandangan Anda.x
()
x
Innocent Beast
Logo