10 Physical Sunscreen Terbaik: Tips Memilih & Rekomendasi

Keindahan kulit sehat dimulai dari perlindungan yang tepat! Temukan rahasia memilih physical sunscreen terbaik untuk kulitmu dalam artikel kami. Dari merek lokal hingga internasional, rekomendasi lengkap dan tips ahli untuk tampil maksimal di bawah sinar matahari! ☀️🌿 #SkinCare #SunscreenSecrets #BeautyTips
10 Rekomendasi Physical Sunscreen Terbaik

Penggunaan sunscreen telah menjadi langkah esensial dalam menjaga kesehatan kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Namun, penting untuk memahami bahwa tidak semua sunscreen diciptakan sama.

Khususnya bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, memilih physical sunscreen menjadi pilihan cerdas untuk melindungi kulit tanpa risiko reaksi alergi. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih physical sunscreen yang tepat dan memberikan rekomendasi merek terbaik.

Cara Memilih Physical Sunscreen yang Tepat

Perbedaan mendasar antara physical sunscreen (tabir surya fisik) dan chemical sunscreen (tabir surya kimia) terletak pada cara keduanya menghalangi sinar matahari. Menurut informasi dari MD Anderson Center, physical sunscreen mengandung bahan aktif seperti titanium dioksida dan seng oksida, yang menciptakan penghalang pada kulit dengan cara memantulkan sinar UV.

Keunikan physical sunscreen adalah kemampuannya untuk tidak meresap ke dalam kulit. Ini terlihat jelas saat seseorang yang mengenakannya difoto dengan flash, di mana cahaya akan memantul dari produk tersebut pada kulit.

Sebelum membeli physical sunscreen, sangat penting untuk memahami jenis kulit Anda. Untuk pemilik kulit berminyak, sebaiknya memilih sunscreen dengan tekstur ringan seperti gel atau lotion untuk menghindari penyumbatan pori-pori.

Di Indonesia, dengan iklim yang panas, sangat disarankan untuk memilih sunscreen dengan SPF minimal 30 PA+++, terutama jika Anda sering beraktivitas di bawah sinar matahari.

Rekomendasi Merek Physical Sunscreen Terbaik

Untuk membantu Anda menemukan physical sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, berikut adalah beberapa merek yang kami rekomendasikan :

1. LABORE BiomeProtect

Pros
Cons
1
Labore Biome Protect Physical Sunscreen
LABORE
BiomeProtect
Rp125.000
Pros
Diformulasikan dengan 100% mineral filter (zinc oxide dan titanium oxide), cocok untuk kulit sensitif. Dengan Microbiome Technology, sunscreen ini menjaga kekuatan skin barrier dan memberikan perlindungan spektrum luas terhadap sinar UVA, UVB, blue light, dan radikal bebas.
Cons
BPOM: NA18211700506

2. SOME BY MI Truecica Mineral Calming Tone-up Suncream

Pros
Cons
2
Some By Mi Truecica Mineral Calming Tone up Sunblock
Some By Mi
Truecica Mineral Calming Tone-up Suncream
Rp175.000
Pros
Sunscreen ini mengklaim memiliki daya perlindungan UV yang kuat dengan kandungan SPF50+ PA++++. Produk ini juga dapat mempertahankan kulit cerah bahkan dalam kondisi panas dan lembap.
Cons
BPOM: NA26211700050

3. Avene Mineral Sunscreen

Pros
Cons
3
Avene Mineral Sunscreen
Avène
Mineral Sunscreen Cream SPF 50+++ Fragrance
Rp495.000
Pros
Merek terkenal ini menawarkan physical sunscreen berbentuk cream dengan SPF 50+. Produk ini cocok untuk kulit sangat sensitif, atopic, pasca-operasi, atau sedang terluka.
Cons
BPOM: NC14211700029

4. Glowlabs Physical Sunscreen

Pros
Cons
4
Glowlabs Physical Sunscreen - Sunscreen Ringan SPF 50
Glowlabs
Physical Sunscreen
Pros
Produk ini memiliki tekstur ringan, minimal whitecast, dan efek tone up yang membuat kulit terlihat sehat.

Tabir surya dengan nano titanium dioxide dan tricholoma matsutake extract ini dapat melindungi kulit dari paparan UVA, UVB, blue light dengan efektif.
Cons
BPOM: NA18211701426

5. Benton Skin Fit Mineral Sun Cream

Pros
Cons
5
Benton Skin Fit Mineral Sun Cream SPF50+ PA++++
Benton
Skin Fit Mineral Sun Cream SPF 50+ PA ++++
Rp150.000
Pros
Dengan kandungan witch hazel extract, centella asiatica (Cica), dan calamine, sunscreen ini melindungi kulit dari sinar UVB dan Bluelight, mencerahkan kulit, dan merawat elastisitas kulit. Cocok untuk penggunaan sehari-hari.
Cons
BPOM: NA26221700060

6. AXIS-Y – Complete No-Stress Physical Sunscreen

Pros
Cons
6
AXIS-Y - Complete No-Stress Physical Sunscreen 50ml
AXIS-Y
Complete No-Stress Physical Sunscreen 50ml
Rp189.000
Pros
Sunscreen berbasis Mugwort ini melindungi kulit dari kerusakan UVA dan UVB sambil memberikan sifat penyembuhan. Produk ini menggunakan bahan-bahan yang aman untuk terumbu karang, sehingga tidak meninggalkan whitecast.
Cons
BPOM: NA26221700011

7. Holika Holika Make Up Sun Cream Matte Tone Up

Pros
Cons
7
Holika Holika Make Up Sun Cream Matte Tone Up
Holika
Make Up Sun Cream Matte Tone Up
Rp198.000
Pros
Selain melindungi dari sinar matahari, sunscreen ini juga mengandung makeup base. Produk ini mengandung ekstrak buah untuk melindungi dan menenangkan kulit.

Produk ini mengandung 6 jenis ekstrak buah yang dapat melindungi dan memberikan efek menenangkan pada kulit. Selain itu, sunscreen ini telah teruji klinis aman dan tidak berisiko mengiritasi kulit.
Cons
BPOM: NA26191705060

8. tulus ZINC DEFENSE LOTION

Pros
Cons
8
tulus ZINC DEFENSE LOTION
tulus
ZINC DEFENSE LOTION
Rp259.000
Pros
Produk ini mengklaim cukup aman untuk digunakan pada kulit sensitif karena mengandung Zinc Oxide yang hipoalergenik melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya.

Selain itu, tulus ZINC DEFENSE LOTION diformulasi untuk area kulit sensitif untuk mencegah penuaan dan garis halus di sekitar wajah.
Cons
BPOM: NA18221701186

9. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45

Pros
Cons
9
Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel
Azarine
Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45
Pros
Tabir surya wajah dalam bentuk gel (water base) yang sangat ringan, dingin dan mudah meresap untuk seluruh jenis kulit termasuk kulit berminyak dan acne prone skin. Di formulasikan dengan bahan alami royal jelly, aloe vera, green tea serta bahan alami lainnya yang dapat melindungi kulit dari efek negatif sinar UV A & UV B dan menutrisi kulit.
Cons
BPOM: NA18211701309

10. NAAVAGREEN Physical Sunscreen

Pros
Cons
10
NAAVAGREEN Physical Sunscreen
NAAVAGREEN
Physical Sunscreen
Pros
Produk ini mengandung UV Filter yaitu UVB dengan SPF 50+ dan UVA dengan PA++++ yang dapat membantu melindungi kulit wajah dari efek buruk sinar matahari dan membantu menjaga kelembapan kulit wajah.

Anda cukup oleskan sunscreen ini pada pagi hari secara merata, minimal 15 menit sebelum terpapar sinar matahari. Ulangi pemakaian pada siang hari.
Cons
BPOM: NA18211700027

Kesimpulan

Pentingnya memilih physical sunscreen, terutama bagi pemilik kulit sensitif, karena kemampuannya untuk menciptakan penghalang fisik pada kulit.

Beberapa poin-poin penting yang telah kita bahas dalam artikel ini adalah sebagai berikut:

  1. Pentingnya Sunscreen: Penggunaan sunscreen adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit dan melindungi diri dari bahaya paparan sinar matahari.
  2. Perbedaan Physical Sunscreen dan Chemical Sunscreen: Physical sunscreen mengandung bahan aktif seperti titanium dioksida dan seng oksida yang menciptakan penghalang fisik pada kulit, sementara chemical sunscreen menggunakan bahan kimia untuk menyerap dan meredakan sinar UV.
  3. Pemilihan Physical Sunscreen: Memilih physical sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit Anda adalah penting. Untuk kulit berminyak, sebaiknya pilih sunscreen dengan tekstur ringan seperti gel atau lotion, sementara di iklim panas seperti di Indonesia, SPF minimal 30 PA+++ sangat disarankan.
  4. Rekomendasi Merek Physical Sunscreen Terbaik: Kami memberikan rekomendasi merek physical sunscreen yang cocok untuk kulit sensitif dan yang mengklaim memberikan perlindungan yang kuat terhadap sinar UVA, UVB, dan blue light.
  5. Memeriksa Kandungan Produk: Selalu periksa kandungan produk sebelum penggunaan dan pastikan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Penggunaan physical sunscreen dengan benar dan memilih merek yang sesuai dengan tipe kulit Anda adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit dan melindungi diri dari risiko yang ditimbulkan oleh sinar matahari.

Innocent Beast tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

  1. The difference between physical and chemical sunscreen. (June 14). Piedmont Healthcare | Real Change Lives Here. Retrieved 29 August 2023, from https://www.piedmont.org/living-better/the-difference-between-physical-and-chemical-sunscreen
  2. Adams, M. (2022, June 30). Mineral or chemical sunscreen: Which should you choose? MD Anderson Cancer Center. Retrieved 29 August 2023, from https://www.mdanderson.org/cancerwise/is-mineral-sunscreen-better-than-chemical-sunscreen.h00-159540534.html
  3. Mineral vs. Chemical sunscreen: Does it matter which you choose? (n.d.). Houston Methodist: Leading Hospitals in Houston, Texas. Retrieved 29 August 2023, from https://www.houstonmethodist.org/blog/articles/2022/may/mineral-vs-chemical-sunscreen-does-it-matter-which-you-use/
  4. All physical sunscreen. (n.d.). DailyMed. Retrieved 29 August 2023, from https://dailymed.nlm.nih.gov/dailymed/fda/fdaDrugXsl.cfm?setid=f7e8fa24-aff9-4e10-9654-f738a6490660
5 1 vote
Rating Artikel
Langganan
Beritahukan
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar Anda sangatlah berharga bagi kami. Jangan ragu untuk berbagi pandangan Anda.x
()
x
Innocent Beast
Logo