Rahasia Merawat Rambut Sehat: Cara Keramas yang Benar

Kamu mungkin belum tahu cara keramas yang benar! Klik di sini untuk rahasia merawat rambut indah dan sehat. 💇‍♀️✨ #RambutSehat #PerawatanRambut #TentangKeramas
Cara Keramas yang Benar

Merawat rambut dengan baik adalah kunci utama untuk memastikan tampilan rambut yang sehat dan indah. Salah satu langkah penting dalam perawatan rambut adalah keramas. Meskipun terdengar seperti tugas sepele, kenyataannya, tidak semua orang tahu bagaimana cara mencuci rambut yang benar.

Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah keramas yang benar sehingga Anda dapat menjaga kesehatan rambut Anda dengan baik.

7 Tips Cara Keramas yang Benar

Keramas adalah bagian penting dari rutinitas perawatan rambut yang bertujuan menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala, serta mencegah masalah seperti ketombe. Saat dilakukan dengan benar, keramas dapat memberikan hasil rambut yang bersinar dan lembut.

Berikut adalah beberapa langkah penting dalam keramas yang perlu Anda ikuti, mulai dari memilih sampo yang sesuai hingga cara mengeringkan rambut dengan benar.

1. Pilih Sampo yang Sesuai dengan Jenis Rambut Anda

Penting untuk memilih sampo yang cocok dengan jenis rambut Anda. Tidak semua sampo yang beredar di pasaran cocok untuk semua jenis rambut, dan pemilihan yang tepat dapat mengurangi risiko kerusakan rambut.

Langkah pertama dalam memilih sampo adalah memeriksa kandungan produknya. Anda perlu memahami formula mana yang cocok untuk jenis rambut yang Anda miliki. Sebagai contoh, sampo yang cocok untuk rambut berminyak akan berbeda dengan yang cocok untuk rambut kering.

Misalnya, jika Anda memiliki rambut berminyak, pilihlah sampo yang mengandung sage, tea tree oil, atau minyak lemon. Kandungan-kandungan ini dapat membantu membersihkan kulit kepala dan mengontrol produksi minyak berlebih.

Bagi yang menginginkan rambut yang harum dan lembut hingga 48 jam, sampo dengan kandungan parfum mawar dan busa lembut bisa menjadi pilihan.

Untuk masalah kulit kepala seperti ketombe, sampo dengan kandungan mint, belerang, atau ginseng bisa membantu mengatasi gatal pada kulit kepala.

Penting untuk diingat bahwa sering mengganti sampo tidak disarankan karena hal ini dapat merusak rambut. Namun, efektivitas sampo dapat berkurang seiring waktu karena faktor-faktor seperti usia, kondisi tubuh, dan lingkungan. Jika Anda merasa ragu, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit atau ahli dermatologi.

Bagaimana dengan Keramas Tanpa Sampo? 

Beberapa orang menganggap bahwa keramas dengan busa sampo berlimpah bukan satu-satunya jalan kelur untuk mendapatkan rambut sehat berkilau. Pasalnya, kandungan kimia dan alkohol dalam sampo dapat membuat kulit kepala kering dan gatal. 

Oleh sebab itu, sebagian orang tidak jarang memanfaatkan bahan-bahan alami di bawah ini sebagai pengganti sampo, meliputi: 

  • Baking Soda: mengembalikan keseimbangan pH rambut yang halus, berminyak, atau bergelombang,
  • Cuka Apel: pengganti kondisioner setelah menggunakan baking soda, serta
  • Jus Lemon: membantu menyingkirkan ketombe.

Kebiasaan baru ini mungkin akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan sampo. Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak memfokuskan perawatan pada batang rambut atau beralih ke rutinitas keramas tanpa sampo ini secara mendadak. 

2. Basahi Rambut dengan Air Hangat

Setelah memilih sampo yang tepat, langkah berikutnya adalah membasahi rambut dengan air hangat. Air hangat membantu menghilangkan sebum (minyak) dan kotoran dari kulit kepala. Ini juga membantu membuka kutikula rambut sehingga rambut dapat menyerap kondisioner dengan baik.

Namun, penting untuk diingat bahwa air panas sebaiknya dihindari karena dapat membuat kulit kepala kering.

3. Pakai Sampo Secukupnya

Cara keramas yang baik melibatkan penggunaan sampo secukupnya, tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Anda perlu menyesuaikan jumlah sampo dengan ketebalan dan panjang rambut Anda.

Sebelum mengaplikasikan sampo, tuangkan sampo ke tangan Anda, jangan langsung ke rambut. Mengaplikasikan sampo langsung ke rambut dapat membuatnya kering. Usap sampo hingga berbusa, lalu ratakan di seluruh kepala Anda.

4. Pijat Kulit Kepala

Pijat kulit kepala adalah langkah penting dalam keramas yang sering diabaikan. Pijatan kulit kepala membantu distribusi sampo dengan baik dan merangsang sirkulasi darah, yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Pastikan Anda melakukan pijatan dengan lembut, menghindari tekanan yang terlalu keras yang bisa membuat kulit kepala menjadi berminyak.

5. Bilas Rambut dengan Air Dingin

Setelah menggosokkan sampo dan memijat kulit kepala, saatnya membilas rambut. Penggunaan air dingin disarankan untuk menutup kutikula rambut, membantu nutrisi dari sampo diserap dengan baik oleh rambut. Bilas hingga bersih dan rasa licin pada rambut hilang.

Pemakaian air panas untuk membilas rambut dapat membuatnya kering dan bercabang.

6. Gunakan Kondisioner

Kondisioner adalah langkah tambahan yang tidak boleh dilewatkan setelah keramas. Oleskan kondisioner pada ujung rambut untuk memberikan perlindungan tambahan.

Tetapi, penting untuk memperhatikan petunjuk penggunaan produk kondisioner yang Anda gunakan, karena ada berbagai jenis kondisioner dengan instruksi berbeda.

7. Keringkan Rambut dengan Benar

Tahap terakhir dalam keramas adalah mengeringkan rambut. Ada teknik khusus yang harus diikuti agar rambut tetap sehat dan terhindar dari kerusakan.

Pengering rambut (hair dryer) sebaiknya digunakan pada suhu rendah untuk mencegah kerusakan. Jangan mengeringkan rambut terlalu lama, karena dapat membuatnya rusak. Sebaliknya, biarkan rambut mengering sebentar dan gunakan sisir bergigi jarang jika Anda memiliki rambut ikal.

Pemakaian Hair Dryer yang Benar

Jika Anda menggunakan hair dryer, pastikan untuk memilih alat yang berkualitas dan menyesuaikan suhu dengan jenis rambut Anda. Jangan menggosok rambut saat masih basah, dan selalu menjaga jarak yang cukup antara hair dryer dan rambut Anda.

Untuk rambut yang sudah rusak, berikut beberapa cara alami untuk merawatnya:

  • Gunakan masker rambut dari alpukat.
  • Lakukan pijatan dengan mentega.
  • Melembapkan rambut dengan minyak zaitun.
  • Bilas dengan air teh tanpa gula untuk menjaga warna rambut.
  • Gunakan minyak kelapa untuk menjaga kelembapan rambut.

Kesimpulan

Sebagai catatan, Anda tidak perlu keramas setiap hari. Seberapa sering Anda harus keramas tergantung pada jenis rambut dan aktivitas sehari-hari Anda. Terlalu sering keramas bisa membuat rambut menjadi kering, jadi pastikan untuk menyesuaikan rutinitas perawatan rambut Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah keramas yang benar, Anda dapat menjaga kesehatan rambut Anda dan mencegah masalah seperti ketombe. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau masalah khusus terkait rambut, sebaiknya berkonsultasi dengan seorang dokter spesialis kulit atau ahli dermatologi untuk solusi yang lebih tepat.

Innocent Beast tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

  1. How to stop damaging your hair. (n.d). American Academy of Dermatology. Retrieved 20 October 2020, from https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/insider/stop-damage 
  2. D’Souza, P., & Rathi, S. K. (2015). Shampoo and Conditioners: What a Dermatologist Should Know?. Indian journal of dermatology, 60(3), 248–254. https://doi.org/10.4103/0019-5154.156355. Retrieved 20 October 2020. 
  3. Tips for healthy hair. (n.d). American Academy of Dermatology. Retrieved 20 October 2020, from https://www.aad.org/public/everyday-care/hair-scalp-care/hair/healthy-hair-tips 
  4. MacKenzie, N. (2017). Can you become immune to your beauty products?. Black Doctor. Retrieved 20 October 2020, from https://blackdoctor.org/can-you-become-immune-to-your-beauty-products/ 
  5. Hygiene Basics. (n.d). Kids Health. Retrieved 20 October 2020, from https://kidshealth.org/en/teens/hygiene-basics.html 
  6. The Dirty Truth About Washing Your Hair. (2018). Cleveland Clinic. Retrieved 20 October 2020, from https://health.clevelandclinic.org/the-dirty-truth-about-washing-your-hair/ 
  7. Tips for washing, shampooing, and conditioning your thinning hair. (2019). Hair Loss in Women. Retrieved 20 October 2020, from https://www.hairlossinwomen.org/tips-thinning-hair/washing-thinning-hair/
0 0 votes
Rating Artikel
Langganan
Beritahukan
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar Anda sangatlah berharga bagi kami. Jangan ragu untuk berbagi pandangan Anda.x
()
x
Innocent Beast
Logo