9 Manfaat Buah Murbei: Kandungan Gizi, Mencegah Obesitas Hingga Menurunkan Kolesterol

Ketahui Manfaat Luar Biasa Buah Murbei untuk Kesehatan! Dari mengatasi obesitas hingga melindungi jantung, buah ini mungkin menjadi jawaban untuk kesehatan Anda. #BuahMurbei #Kesehatan #ManfaatBeri
Manfaat Buah Murbei

Apakah Anda pernah mendengar tentang buah murbei? Meskipun buah ini mungkin kurang dikenal daripada stroberi atau blueberry, buah murbei memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan Anda.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai kandungan gizi dalam buah murbei serta manfaat kesehatan yang dapat Anda dapatkan dengan mengonsumsinya.

Kandungan Gizi Buah Murbei

Buah murbei adalah buah beri yang berasal dari Amerika Utara dan benua Asia. Selain dimakan segar, buah ini juga sering diolah menjadi berbagai produk seperti jus, teh, minuman anggur, atau dikeringkan seperti kismis. Satu genggam mulberry seberat 100 gram mengandung nutrisi yang luar biasa, termasuk:

  • Energi: 43 kkal
  • Protein: 1,4 gram
  • Karbohidrat: 9,8 gram
  • Lemak: 0,4 gram
  • Serat: 1,7 gram
  • Vitamin B1: 0,03 miligram
  • Vitamin C: 36,4 miligram
  • Vitamin K: 7,8 mikrogram
  • Kalsium: 39 miligram
  • Besi: 1,9 miligram
  • Magnesium: 18 miligram
  • Fosfor: 38 miligram
  • Kalium: 194 miligram
  • Zinc: 1,12 miligram

Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan

Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam buah murbei memberikan sejumlah manfaat penting bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut adalah beberapa manfaat utama buah murbei:

1. Membantu Mencegah Obesitas

Penelitian menunjukkan bahwa buah murbei dapat membantu menurunkan lemak berlebih dalam tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam buah ini juga dapat mengurangi peradangan yang menjadi salah satu penyebab obesitas.

2. Menurunkan Kolesterol Jahat

Buah murbei dapat membantu menurunkan kadar trigliserida, kolesterol LDL (kolesterol jahat), dan kolesterol total dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga meningkatkan jumlah kolesterol HDL (kolesterol baik) yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

3. Melindungi Kesehatan Jantung

Dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida, buah murbei dapat melindungi kesehatan jantung Anda. Kolesterol LDL yang tinggi dapat menyebabkan pembentukan plak dalam pembuluh darah, yang berpotensi memicu penyakit jantung.

4. Meredakan Peradangan

Buah murbei mengandung senyawa C3G yang memiliki efek antiperadangan. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi rutin buah murbei dapat meredakan gejala peradangan, bahkan pada kasus peradangan sendi.

5. Mencegah Penyakit Perlemakan Hati

Buah murbei dapat membantu mengurangi risiko penyakit perlemakan hati dengan menghambat penumpukan lemak pada hati. Senyawa antioksidan dalam buah ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan hati.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Buah murbei memiliki potensi untuk menurunkan risiko kanker paru-paru, lambung, dan kulit. Senyawa polifenol dalam buah ini dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker ke organ tubuh lain.

7. Meningkatkan Kesehatan Otak

Salah satu antioksidan terkaya dalam buah murbei adalah cyanidin 3-O-glucoside (C3G). Penelitian menunjukkan bahwa C3G memiliki potensi untuk melindungi otak dari kerusakan akibat kurangnya pasokan darah dan menjaga fungsi berpikir yang sehat.

8. Cocok untuk Penderita Diabetes

Buah murbei, terutama beri liar, dapat menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes. Senyawa 1-deoxynojirimycin dalam buah ini dapat menghambat kerja enzim pengurai gula, sehingga membantu mengontrol kadar gula darah.

9. Menjaga Kesehatan Gigi

Studi menunjukkan bahwa buah murbei putih memiliki efek antimikroba yang dapat melindungi gigi dari kerusakan, radang gusi, dan periodontitis. Ekstrak akar buah ini juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur dalam mulut.

Efek Samping

Hingga saat ini, belum ada laporan yang menyebutkan efek samping serius dari konsumsi buah murbei. Namun, beberapa orang mungkin mengalami alergi terhadap serbuk sari pohon murbei, terutama jika mereka juga alergi terhadap serbuk sari tanaman beri atau betula. Gejala alergi biasanya meliputi bersin, mata berair, hidung gatal, atau mampet.

Meskipun buah murbei tampaknya aman, selalu disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang sewajarnya. Anda dapat menikmatinya segar atau menggabungkannya dengan makanan lain sebagai camilan yang sehat.

Kesimpulan

Buah murbei adalah pilihan makanan yang sehat dan bergizi yang dapat menjadi bagian penting dari pola makan yang seimbang dan mendukung kesehatan tubuh. secara keseluruhan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba buah ini dan rasakan manfaatnya bagi tubuh Anda.

Innocent Beast tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

  1. Mulberries, raw. (2021). Retrieved 10 February 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169913/nutrients
  2. Huang, H. P., Ou, T. T., & Wang, C. J. (2013). Mulberry ( sang shèn zǐ) and its bioactive compounds, the chemoprevention effects and molecular mechanisms in vitro and in vivo. Journal of traditional and complementary medicine, 3(1), 7–15. https://doi.org/10.4103/2225-4110.106535
0 0 votes
Rating Artikel
Langganan
Beritahukan
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar Anda sangatlah berharga bagi kami. Jangan ragu untuk berbagi pandangan Anda.x
()
x
Innocent Beast
Logo