Apa Itu Indeks Massa Tubuh (IMT) Atau BMI?

Dari kesehatan Anda hingga anak-anak, pelajari cara menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) dan kenali artinya! Bagaimana nilai IMT memengaruhi kesehatan kita? Temukan jawabannya di sini! 💡 #Kesehatan #IMT #Gizi #BMI
Apa Itu Indeks Massa Tubuh (IMT) Atau BMI


Setiap orang perlu menyadari pentingnya mengetahui indeks massa tubuh (IMT) mereka sendiri. IMT adalah alat yang digunakan untuk memahami risiko seseorang terkena penyakit kronis. Bagaimana cara menghitungnya?

IMT adalah ukuran yang mencerminkan status gizi seseorang, didapat dari perbandingan berat dan tinggi badan. Dengan menghitung IMT, seseorang bisa mengetahui apakah status gizinya normal atau tidak.

Rumus perhitungan IMT adalah berat badan (dalam kilogram) dibagi oleh tinggi badan (dalam meter kuadrat). Sebagai contoh, dengan berat 68 kg dan tinggi 165 cm (1,65 meter), IMTnya adalah 68 ÷ (1,65×1,65) = 24,98 kg/m2.

BMI Calculator

Weight

Satuan Pengukuran *
cm
kg
ft
in
lbs

BMI

Berat Badan Kurang (Underweight)

Berat Badan Sehat (Normal)

Kegemukan (Overweight)

Obesitas

Untuk kemudahan, Anda bisa menggunakan Kalkulator BMI.

Meski IMT adalah cara sederhana untuk mengetahui risiko penyakit kronis, penting juga untuk memahami bahwa nilai IMT tidak mencakup pengukuran lemak tubuh yang juga krusial untuk diketahui.

IMT bisa membantu dalam diagnosis penyakit, namun sebaiknya tidak dijadikan satu-satunya acuan. Dokter akan menyarankan pemeriksaan medis tambahan.

Jika Anda sudah mendapatkan nilai IMT, maka angka tersebut menunjukkan status gizi yang dikategorikan sebagai berikut:

Indeks Massa TubuhStatus Berat Badan
Di bawah 18.5Berat badan kurang (underweight)
18.5 – 24.9Normal atau sehat
25.0 – 29.9Berat badan lebih (overweight)
30.0 ke atasObesitas
Tabel 1. Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT)

Kategori tersebut berlaku untuk pria dan wanita dari segala usia dan tipe tubuh. Namun, untuk anak-anak, IMT dihitung berdasarkan jenis kelamin dan usia. Hal ini karena lemak tubuh anak berubah seiring pertumbuhan, berbeda antara perempuan dan laki-laki.

Pada anak-anak, perhitungan IMT memerlukan pendekatan yang berbeda karena pertumbuhan mereka yang dinamis. Anak di bawah 2 tahun menggunakan kurva pertumbuhan CDC (Centers for Disease Control and Prevention), sedangkan di atas 2 tahun, digunakan tabel pertumbuhan WHO (World Health Organization).

Konsultasi dengan tenaga medis atau dokter diperlukan untuk menilai IMT anak. Proses ini mempertimbangkan perubahan lemak tubuh yang terjadi selama pertumbuhan anak, yang berbeda antara anak perempuan dan laki-laki.

Indeks massa tubuh bukanlah satu-satunya penanda kesehatan yang diperlukan untuk diagnosis penyakit. Meskipun penting, dokter akan menyarankan pemeriksaan medis lainnya untuk penilaian yang lebih komprehensif.

Jadi, mengetahui IMT merupakan langkah awal penting untuk memahami status gizi, tetapi diagnosis yang tepat memerlukan tinjauan lebih lanjut dari tenaga medis yang terlatih. Segera berkonsultasi dengan dokter untuk informasi yang lebih spesifik dan akurat terkait kesehatan Anda atau si kecil.

Innocent Beast tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

0 0 votes
Rating Artikel
Langganan
Beritahukan
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar Anda sangatlah berharga bagi kami. Jangan ragu untuk berbagi pandangan Anda.x
()
x
Innocent Beast
Logo