7 Manfaat Buah Rambutan: Segudang Keajaiban dari Pencernaan hingga Daya Tahan Tubuh

Buah rambutan: Kecil, berambut, tapi penuh manfaat! Dari melancarkan pencernaan hingga meningkatkan daya tahan tubuh, temukan segala keajaiban kesehatan dalam satu buah. #BuahRambutan #KesehatanAlami

Buah rambutan memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari buah lain. Selain memberikan sensasi kesegaran yang tak tertandingi, buah ini juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang patut diperhatikan. Mari kita telusuri lebih dalam mengenai kandungan dan manfaat buah rambutan dalam ulasan ini.

Kandungan Rambutan

Rambutan (Nephelium lappaceum) merupakan buah yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Dari segi penampilan, rambutan mirip dengan buah leci, namun memiliki ciri khas berupa rambut di kulitnya, yang tak dimiliki oleh buah leci.

Selain itu, komposisi gizi dan vitamin dalam rambutan berbeda dari leci. Dalam setiap 100 gram rambutan, kita dapat menemukan:

  • Protein: 0,9 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Karbohidrat: 18,1 gram
  • Serat: 0,8 gram
  • Kalsium: 16 miligram
  • Fosfor: 16 miligram
  • Besi: 0,5 miligram
  • Natrium: 16 miligram
  • Kalium: 104,2 miligram
  • Tembaga: 0,17 miligram
  • Seng: 0,1 miligram
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,07 miligram
  • Niasin: 0,5 miligram
  • Vitamin C: 58 miligram

Tidak hanya itu, rambutan juga kaya akan komponen antioksidan, anti-inflamasi, antiviral, dan memiliki sifat antidiabetes.

Manfaat Rambutan

Berlimpahnya nutrisi dalam buah rambutan menyiratkan manfaat luar biasa bagi kesehatan kita. Berikut adalah beberapa manfaat rambutan yang tidak boleh diabaikan:

1. Melancarkan Pencernaan

Rambutan termasuk dalam kategori buah yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Ini disebabkan oleh kandungan serat larut dalam daging buahnya. Serat larut ini membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan kita dengan mendorong feses melalui usus, membuat proses buang air besar menjadi lebih lancar. Selain itu, serat ini juga menjadi makanan bagi bakteri baik dalam usus kita, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari rambutan adalah kemampuannya untuk membantu dalam proses penurunan berat badan. Dalam setiap 100 gram daging rambutan, terdapat hanya 75 kalori dan 0,8 gram serat. Kandungan serat yang tinggi ini membuat kita merasa kenyang lebih lama, mengendalikan nafsu makan, dan dengan demikian, membantu mengurangi risiko penambahan berat badan yang signifikan.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Konsumsi rambutan dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Kandungan vitamin C dalam rambutan membantu memproduksi sel darah putih yang kuat dalam melawan infeksi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dukungan ilmiah untuk manfaat ini ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Virology Journal pada tahun 2015, yang menunjukkan bahwa senyawa geraniin dalam kulit rambutan memiliki aktivitas antivirus terhadap virus dengue.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat kesehatan lainnya yang dimiliki rambutan adalah kemampuannya dalam menurunkan risiko diabetes. Kandungan geraniin dalam kulit rambutan adalah jenis polifenol ellagitanin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-radang. Penelitian pada tikus diabetes menunjukkan bahwa ekstrak etanol dari kulit rambutan dapat menurunkan kadar gula darah hingga 61,76 persen. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah manfaat ini juga berlaku pada manusia.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Rambutan juga berperan dalam mengontrol tekanan darah. Kandungan kalium yang tinggi dalam rambutan (sekitar 104 gram per 100 gram buah) memiliki efek positif terhadap tekanan darah. Ini dapat merilekskan dinding pembuluh darah, mendukung fungsi otot, dan pada akhirnya, membantu menjaga tekanan darah tetap dalam batas normal.

6. Penambah Energi

Rambutan adalah sumber energi yang baik untuk tubuh kita. Karbohidrat yang terkandung dalam buah ini adalah sumber utama energi, yang juga diperlukan oleh otak agar berfungsi optimal. Tubuh akan mengubah karbohidrat menjadi glukosa, yang nantinya digunakan sebagai sumber energi. Jika tidak segera digunakan, glukosa akan disimpan dalam hati sebagai glikogen untuk digunakan di masa mendatang.

7. Mencegah Anemia

Kekurangan zat besi dapat meningkatkan risiko anemia. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi rambutan. Kandungan zat besi dalam rambutan, yang diperkuat oleh vitamin C, membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Ini menjadikannya pilihan yang baik, terutama untuk ibu hamil yang membutuhkan suplai darah tambahan untuk mendukung pertumbuhan janin.

Kesimpulan

Dengan beragam manfaat kesehatan yang dimiliki, buah rambutan adalah pilihan yang cerdas untuk dimasukkan ke dalam pola makan sehari-hari. Kaya akan nutrisi dan senyawa aktif, rambutan dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda, membantu menjaga berat badan yang sehat, dan memberikan energi yang diperlukan untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Jangan lupakan manfaatnya dalam menjaga pencernaan, mengontrol tekanan darah, dan mencegah anemia. Dengan mengintegrasikan buah rambutan dalam diet Anda, Anda dapat merasakan manfaat kesehatannya yang luar biasa.

Innocent Beast tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

  1. Rambutan, segar (Rambutan). (n.d). Data Komposisi Pangan Indonesia. Retrieved 8 March 2022, from https://www.panganku.org/id-ID/view 
  2. Dietary fiber: Essential for a healthy diet. (2021). Mayo Clinic. Retrieved 8 March 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983 
  3. Muhtadi, Primarianti, A., & Sujono, T. (2015). Antidiabetic Activity of Durian (Durio Zibethinus Murr.) and Rambutan (Nephelium Lappaceum L.) Fruit Peels in Alloxan Diabetic Rats. Procedia Food Science, 3, 255-261. https://doi.org/10.1016/j.profoo.2015.01.028
  4. Abdul Ahmad, S. A., Palanisamy, U. D., Tejo, B. A., Chew, M. F., Tham, H. W., & Syed Hassan, S. (2017). Geraniin extracted from the rind of Nephelium lappaceum binds to dengue virus type-2 envelope protein and inhibits early stage of virus replication. Virology journal, 14(1), 229. https://doi.org/10.1186/s12985-017-0895-1
  5. Weight loss: Feel full on fewer calories. (2020). Mayo Clinic. Retrieved 8 March 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/weight-loss/art-20044318 
  6. Potassium lowers blood pressure. (2017). Harvard Health. Retrieved 8 March 2022, from https://www.health.harvard.edu/heart-health/potassium-lowers-blood-pressure 
  7. Thinkratok, A., Suwannaprapha, P., & Srisawat, R. (2014). Safety assessment of hydroethanolic rambutan rind extract: acute and sub-chronic toxicity studies. Indian journal of experimental biology, 52(10), 989–995.
0 0 votes
Rating Artikel
Langganan
Beritahukan
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar Anda sangatlah berharga bagi kami. Jangan ragu untuk berbagi pandangan Anda.x
()
x
Innocent Beast
Logo