Manfaat dan Fungsi Vitamin B3 (Niasin): Dari Kolesterol hingga Awet Muda

Apakah Anda tahu bahwa Vitamin B3 (Niasin) bukan hanya energi, tetapi juga memiliki manfaat misterius lainnya? Temukan fakta mengejutkan ini yang akan membuat Anda ingin tahu lebih banyak! 💡 #Kesehatan #VitaminB3 #Penuaan #ManfaatVitamin
Manfaat dan Fungsi Vitamin B3 (Niasin)

Vitamin B3, yang dikenal juga sebagai niasin, adalah salah satu jenis vitamin larut air yang memberikan beragam manfaat penting untuk tubuh kita.

Vitamin B kompleks ini tidak hanya berperan dalam mengubah makanan menjadi energi, tetapi juga memiliki kekayaan manfaat kesehatan yang perlu Anda ketahui lebih dalam. Mari kita memahami lebih dalam tentang vitamin B3 ini.

Apa itu Vitamin B3?

Vitamin B3 merupakan bagian dari keluarga vitamin B kompleks yang dapat ditemukan di berbagai jenis makanan. Selain itu, vitamin ini sering dimasukkan ke dalam produk makanan tertentu dan tersedia sebagai suplemen yang dapat Anda konsumsi.

Terdapat dua bentuk utama niasin yang umum dikenal, yakni asam nikotinat dan nicotinamida. Jika Anda mengonsumsi niasin dalam jumlah berlebihan, tubuh akan mengeluarkannya melalui urine karena vitamin ini larut dalam air. Sebagaimana halnya dengan jenis vitamin B lainnya, niasin berperan sebagai koenzim yang bekerja bersama lebih dari 400 enzim lainnya. Hal ini penting dalam mengubah makanan menjadi sumber energi yang dapat digunakan oleh tubuh.

Kebutuhan Harian Vitamin B3

Setiap individu memerlukan asupan vitamin B3 yang cukup. Namun, mengonsumsi terlalu banyak niasin juga dapat berdampak negatif pada kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui berapa kebutuhan harian niasin yang dianjurkan agar fungsi tubuh tetap berjalan dengan optimal.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, berikut adalah angka kebutuhan harian niasin pada orang dewasa:

  • Pria (usia 18 hingga 60 tahun): 16 mg
  • Wanita (usia 18 hingga 60 tahun): 14 mg

Jika Anda merasa ragu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan kebutuhan harian vitamin yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Dengan begitu, Anda dapat merencanakan pola makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan niasin tubuh Anda.

Fungsi Vitamin B3

Setelah mengetahui berapa kebutuhan harian niasin yang Anda butuhkan, penting juga untuk memahami manfaat dan fungsi vitamin B3 ini. Fungsi vitamin B3 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan manfaat vitamin B kompleks lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat niasin yang perlu Anda ketahui:

1. Membantu Mengendalikan Kolesterol

Salah satu peran penting vitamin B3 adalah membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa niasin dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Namun, sebelum menggunakan suplemen niasin, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terutama jika Anda sedang menjalani pengobatan untuk kolesterol tinggi.

2. Mengurangi Risiko Diabetes

Berkat kemampuannya dalam meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), niasin juga dapat berperan dalam mengurangi risiko terkena diabetes. Hal ini dikarenakan niasin membantu menjaga keseimbangan kadar kolesterol yang dapat berkontribusi pada perkembangan diabetes.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa niasin juga dapat meningkatkan kadar gula darah (glukosa), meskipun aman digunakan oleh penderita diabetes menurut para ahli.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Ternyata, otak manusia memerlukan vitamin B3 sebagai bagian dari koenzim NAD dan NADP. Keduanya sangat penting untuk menghasilkan energi yang diperlukan untuk menjaga fungsi otak yang optimal.

Selain itu, niasin juga telah terbukti membantu dalam mengatasi gangguan skizofrenia, seperti yang ditunjukkan dalam penelitian yang diterbitkan di Shanghai Archives of Psychiatry. Penelitian ini mengungkapkan bahwa niasin memiliki potensi untuk memperbaiki kerusakan sel otak, sehingga menjaga kesehatan otak sangat penting.

4. Memperlambat Proses Penuaan

Jika Anda ingin menjaga penampilan awet muda, penting untuk memenuhi kebutuhan harian niasin Anda. Hal ini disebabkan oleh kemampuan niasin untuk melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Niasin mengubah diri menjadi dua bentuk yang berbeda, yaitu nikotinamida adenin dinukleotida (NAD) dan nikotinamida dinukleotida fosfat (NADP), yang mampu bertindak sebagai antioksidan kuat.

Selain itu, vitamin ini juga membantu menghasilkan energi yang dibantu oleh sirtuin, suatu protein yang mampu memperlambat penuaan dengan mengontrol sejumlah gen yang berkontribusi pada proses penuaan.

5. Memelihara Kesehatan Kulit

Selain kemampuannya dalam memperlambat penuaan, vitamin ini juga memberikan manfaat penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Studi dari Photochemical & Photobiological Sciences menunjukkan bahwa niasin dapat melindungi sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Anda dapat memperoleh manfaat ini baik dengan mengonsumsi suplemen maupun dengan mengaplikasikan produk perawatan kulit yang mengandung niasin.

Sumber Vitamin B3

Berita baiknya adalah Anda dapat menemukan niasin dalam berbagai jenis makanan. Beberapa jenis makanan yang merupakan sumber kaya vitamin B3 antara lain:

  • Protein hewani, seperti ayam, daging sapi, dan ikan.
  • Kacang-kacangan, polong-polongan, dan biji-bijian.
  • Roti dan sereal yang diperkaya dengan niasin.

Efek Samping Niacin

Vitamin B kompleks yang terkandung dalam makanan umumnya dianggap aman. Namun, suplemen niasin yang mengandung lebih dari 30 mg asam nikotinat dapat menimbulkan efek samping tertentu, seperti ruam kulit dan rasa gatal. Terutama jika Anda mengonsumsi asam nikotinat dalam dosis tinggi, yaitu 1.000 mg atau lebih dalam satu hari, dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, tekanan darah rendah, kelelahan, kadar gula darah tinggi, mual atau muntah, nyeri perut, hingga gangguan penglihatan.

Kesimpulan

Vitamin B3 memegang peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Meskipun demikian, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menentukan kebutuhan harian vitamin yang sesuai, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang menjalani pengobatan.

Dengan informasi yang tepat, Anda dapat merencanakan pola makan yang seimbang dan sehat untuk memenuhi kebutuhan niasin tubuh Anda.

Innocent Beast tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

  1. Flexibility Exercises for Young Athletes – OrthoInfo – AAOS. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://orthoinfo.aaos.org/en/staying-healthy/flexibility-exercises-for-young-athletes/
  2. Benefits of flexibility exercises – Harvard Health. (2015). Retrieved 20 May 2022, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/benefits-of-flexibility-exercises
  3. ACE Fit | Side Lying Quadriceps Stretch. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.acefitness.org/resources/everyone/exercise-library/149/side-lying-quadriceps-stretch/
  4. ACE Fit | Glute Bridge Single Leg Progression. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.acefitness.org/resources/everyone/exercise-library/145/glute-bridge-single-leg-progression/
  5. ACE Fit | Butterfly Stretch. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.acefitness.org/resources/everyone/exercise-library/216/seated-butterfly-stretch/
  6. Get a Great Extension With Pilates Swan. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.verywellfit.com/how-to-do-pilates-swan-2704683#toc-step-by-step-instructions
  7. ACE Fit | Seated Medicine Ball Trunk Rotations. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.acefitness.org/resources/everyone/exercise-library/47/seated-medicine-ball-trunk-rotations/
  8. Leg stretching may improve blood flow and prevent strokes – Harvard Health. (2020). Retrieved 20 May 2022, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/leg-stretching-may-improve-blood-flow-and-prevent-strokes
  9. Boyd, Joni, Milton, Katy. (2022). Retrieved 20 May 2022, from https://www.nsca.com/contentassets/24dd7222ed1b4caeb8a0a46b81bd11f3/ptq-4.4.9-the-undervalued-lunge.pdf
0 0 votes
Rating Artikel
Langganan
Beritahukan
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar Anda sangatlah berharga bagi kami. Jangan ragu untuk berbagi pandangan Anda.x
()
x
Innocent Beast
Logo