Manfaat Luar Biasa Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan & Ibu Menyusui

Kisah kesehatan menarik dari susu kambing etawa: penyubur ASI, pelindung jantung, hingga rahasia kulit sehat! Temukan lebih banyak manfaat mengejutkan yang tersembunyi di balik gelas susu ini. #SusuKambingEtawa #Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan & Ibu Menyusui

Ternyata, susu kambing etawa tengah menjadi sorotan dalam dunia kesehatan, terutama bagi ibu menyusui. Banyak yang menyebutnya sebagai penyubur ASI yang mujarab. Namun, seberapa benarkah klaim ini?

Susu kambing etawa memiliki perbedaan signifikan dibandingkan susu kambing biasa yang sering beredar di pasaran. Sumbernya berasal dari persilangan antara kambing lokal dengan kambing Jamnapari dari India, menjadikannya lebih kaya akan mineral.

Susu ini mengandung beragam nutrisi vital, termasuk protein, kalsium, fosfor, flourin, besi, kalium, magnesium, niasin, asam lemak omega-3 dan 6, serta beberapa vitamin seperti A, B1, B2, dan C.

Kandungan gizi yang kaya ini memberikan sejumlah manfaat yang cukup mengagumkan bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Studi telah menunjukkan bahwa susu kambing etawa mampu meningkatkan daya tahan tubuh berkat kandungan mineral seperti seng, zat besi, dan selenium. Seng membantu mengaktifkan kekebalan alami, sementara zat besi dan selenium mampu menghambat mutasi virus, memberikan perlindungan ekstra.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium yang melimpah membantu dalam menjaga kesehatan tulang. Lebih dari 99% kalsium dalam tubuh berperan dalam menyusun tulang dan gigi, membantu meningkatkan massa tulang dan kekuatannya.

3. Melancarkan Pencernaan

Proses homogenisasi alami dalam susu kambing etawa menghasilkan struktur lemak yang lebih mudah diserap oleh tubuh, memfasilitasi pencernaan. Sifat probiotiknya juga membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Tingginya kandungan asam lemak rantai sedang pada susu kambing membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol, menjadikannya pilihan yang baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Menjaga Berat Badan

Susu kambing etawa memiliki efek menenangkan pada saluran pencernaan, mengurangi rasa lapar, sehingga cocok menjadi bagian dari program diet. Konsumsinya dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu menghindari ngemil makanan tinggi kalori.

6. Meningkatkan Produksi ASI

Bagi ibu menyusui, susu kambing etawa dapat menjadi sekutu luar biasa. Kandungan nutrisi lengkapnya membantu meningkatkan produksi ASI dan menjaga kualitasnya.

7. Merawat Kesehatan Kulit

Susu kambing etawa juga dapat diolah menjadi produk perawatan kulit, seperti losion dan sabun. Kandungan asam lemak, trigliserida, dan vitamin A-nya membantu melembutkan, meremajakan, dan menjaga kesehatan kulit.

Meskipun susu kambing etawa memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa, penting untuk mengonsumsinya dalam porsi yang wajar sesuai dengan kebutuhan gizi harian. Konsultasikan penggunaannya dengan tenaga medis atau ahli gizi untuk mendapatkan manfaat maksimal tanpa risiko yang tidak diinginkan.

Rekomendasi Produk dari Kami :

Pros
Cons
1
Etawalin - Susu Kambing Shopee
Etawalin
Susu Kambing Etawa Solusi Asam Urat dan Nyeri Sendi Official – 1 Box
Rp85.000
Pros
Susu Kambing Etawa yang memiliki kandungan kalsium lebih banyak daripada susu lainnya. Dalam satu gelas susu kambing (± 235 ml) terdapat sekitar 330 mg kalsium yang menjaga serta menguatkan tulang. Memiliki senyawa protein CSN1S2 yang dapat menjaga kepadatan tulang dan meminimalisir risiko osteoporosis dan radang sendi.

Jahe dapat menghalangi pembentukan senyawa peradangan prostaglandin dan leukotrien dan juga memiliki efek antioksidan yang memecah peradangan dan keasaman yang ada pada cairan di dalam persendian.

Temulawak kaya akan kurkumin yang bermanfaat untuk menekan radang sendi dan mengurangi gejala asam urat. Juga memiliki kandungan ibuprofen dalam temulawak yang bisa membantu meredakan rasa sakit pada tulang dan sendi.

Kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde yang memberi rasa dan bau pada kayu manis. Cinnamaldehyde menghentikan pelepasan asam arakidonat, asam lemak peradangan. Hal ini membuat kayu manis efektif dalam mengurangi peradangan yang disebabkan oleh penyakit seperti radang sendi.

Daun Salam & Sereh Melansir dari Health Benefit Times, daun salam mengandung asam laurat dan beberapa komponen aktif. Sementara itu, sereh juga memiliki kandungan antioksidan dan anti-peradangan yang mampu mencegah berbagai penyakit.
Cons
BPOM: TR222007251

Innocent Beast tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

  1. 10 Manfaat Super Susu Kambing Etawa bagi Kesehatan. (2016). Retrieved 23 June 2023, from https://ditjenpkh.pertanian.go.id/berita/63-10-manfaat-super-susu-kambing-etawa-bagi-kesehatan 
  2. Susu kambing, segar. (n.d). Retrieved 23 June 2023, from https://www.panganku.org/id-ID/view 
  3. Ross, A., Taylor, C., & Yatkine, A. (2011). Dietary Reference Intakes for Calcium and Vitamin D. Retrieved 23 June 2023, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK56060/ 
  4. Li, H., Liu, Y., Zhang, X., Xu, Q., Zhang, Y., Xue, C., & Guo, C. (2018). Medium-chain fatty acids decrease serum cholesterol via reduction of intestinal bile acid reabsorption in C57BL/6J mice. Nutrition & metabolism, 15, 37. https://doi.org/10.1186/s12986-018-0267-x 
  5. Reviana, P. A., Dewi, Y. L. R., & Widyaningsih, V. (2019). The Effectiveness of Goat Milk to Increase the Volume of Breast Milk and Protein Content among Lactating Women: Randomized Controlled Trial Evidence. In Indonesian Journal of Medicine (Vol. 4, Issue 4, pp. 364–370).  https://doi.org/10.26911/theijmed.2019.04.04.09 
0 0 votes
Rating Artikel
Langganan
Beritahukan
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar Anda sangatlah berharga bagi kami. Jangan ragu untuk berbagi pandangan Anda.x
()
x
Innocent Beast
Logo