Tahukah Anda? Fakta Mengejutkan Susu Kental Manis: Bukan Susu Sapi Biasa! | Kandungan, Bahaya, dan Cara Sehat Konsumsi

Kisah susu kental manis: manis atau kontroversi? Temukan fakta mengejutkan di balik kelezatannya! #SusuKentalManis #Kesehatan #Fakta
Tahukah Anda Fakta Mengejutkan Susu Kental Manis Bukan Susu Sapi Biasa Kandungan, Bahaya, dan Cara Sehat Konsumsi

Susu kental manis (SKM) telah menjadi perbincangan yang hangat dalam masyarakat. Namun, di balik kenikmatannya, produk ini memiliki kontroversi yang tak terelakkan.

SKM adalah produk susu yang melalui proses penghilangan sebagian besar air dari susu sapi, meninggalkan tekstur kental yang diperkaya dengan gula. Sensasi manisnya memang menggugah selera.

Tetapi, proses pengolahan ini mengurangi protein dan lemak, sehingga membuatnya kurang layak disebut ‘susu'. Umumnya digunakan sebagai campuran makanan atau minuman, namun, manfaatnya belum tentu sebanding dengan rasa manisnya.

Peringatan Kesehatan Terkait Konsumsi SKM

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menegaskan bahwa SKM bukanlah produk susu yang memberikan nutrisi yang memadai. Penggunaannya sebaiknya tidak dilakukan secara rutin, terutama untuk bayi dan anak-anak.

Proses penguapan air dan penambahan gula membuat SKM memiliki kadar protein yang rendah dan kandungan gula serta kalori yang tinggi. Hal ini jauh berbeda dengan kandungan gizi susu sapi segar.

Perbandingan kandungan gizi antara SKM dan susu sapi segar memperlihatkan perbedaan signifikan. SKM memiliki kadar kalori lebih tinggi dengan lemak yang dominan, sedangkan susu sapi segar memiliki perbandingan yang lebih seimbang antara lemak, karbohidrat, dan protein.

Banyak yang salah menganggap SKM setara dengan susu sapi. Beberapa bahayanya termasuk risiko kesehatan akibat konsumsi berlebihan gula, terutama pada anak-anak. Produk ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Susu kental manis sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari. Gunakan dengan bijak sebagai campuran makanan atau minuman untuk menghindari risiko kesehatan akibat konsumsi berlebihan.

Rekomendasi Produk dari Kami :

Pros
Cons
1
Nestle Susu Kental Manis 365 gr
Nestle
Carnation Susu Kental Manis – 365 gr
Rp11.600
Pros
Susu kental manis dari Nestle yang sangat cocok untuk menghasilkan kelezatan dalam berbagai jenis makanan dan minuman, seperti kue, roti, martabak, puding, dan kopi serta memiliki tekstur yang begitu khas sehingga digemari oleh keluarga Indonesia.

Krimer kental manis.

Mengandung vitamin dan protein yang baik untuk tubuh.

Dapat ditambahkan pada minuman kopi atau teh.
Cons
BPOM: MD502113006007

Innocent Beast tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

  1. Badan Pengawas Obat dan Makanan – Republik Indonesia. (2021). Retrieved 10 July 2023, from https://www.pom.go.id/new/view/more/klarifikasi/141/PENJELASAN-BADAN-POM-RI-Tentang–Pemberitaan-Susu-Kental-Manis–SKM-.html
  2. Susu Kental Manis Bukan untuk Dikonsumsi Setiap Hari. (2018). Retrieved 10 July 2023, from https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20180705/1926416/susu-kental-manis-bukan-dikonsumsi-setiap-hari/
  3. IDAI | Bolehkah Susu Kental Manis (SKM) diberikan pada Anak?. (2022). Retrieved 10 July 2023, from http://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/bolehkah-susu-kental-manis-skm-diberikan-pada-anak
  4. P, K., & L, H. (1985). The use of sugar in foods. International Dental Journal, 35(3). Retrieved 10 July 2023, from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/3863796/
  5. Jouki, M., Jafari, S., Jouki, A., & Khazaei, N. (2021). Characterization of functional sweetened condensed milk formulated with flavoring and sugar substitute. Food Science &Amp; Nutrition, 9(9), 5119-5130. doi: 10.1002/fsn3.2477
5 1 vote
Rating Artikel
Langganan
Beritahukan
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar Anda sangatlah berharga bagi kami. Jangan ragu untuk berbagi pandangan Anda.x
()
x
Innocent Beast
Logo