7 Cara Menyimpan Daging Agar Tetap Fresh di Dalam Kulkas

Temukan rahasia menyimpan daging agar tetap segar dan lezat! Dari pembungkusan hingga suhu penyimpanan, ikuti panduan lengkap untuk pengalaman kuliner yang memuaskan. #TipsDaging #KulinerPro #SegarDanAman
Cara Menyimpan Daging

Dalam dunia kuliner, menjaga kesegaran daging merupakan langkah krusial untuk memastikan kualitas hidangan yang dihasilkan.

Salah satu cara yang efektif adalah dengan menyimpan daging di dalam kulkas. Namun, tidak hanya sekadar meletakkan daging di dalamnya, tetapi ada langkah-langkah tertentu yang perlu diikuti agar daging tetap segar dan bergizi.

Berikut adalah panduan lengkap tentang cara menyimpan daging di kulkas dengan benar.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyimpan daging ke dalam kulkas. Pastikan Anda sudah mengecek kondisi-kondisi berikut.

1. Bungkus Daging dengan Rapi

Sebelum ditempatkan di dalam kulkas, pastikan untuk membungkus daging dengan menggunakan plastik, kertas aluminium foil, atau wadah makanan kedap udara.

Lapisan pembungkus ini berperan penting dalam menjaga kelembapan, kesegaran, rasa, dan kandungan gizi daging. Hindari paparan suhu dingin langsung ke daging, yang dapat menyebabkan freezer burn atau pembentukan kristal es yang merusak kualitas daging.

2. Jangan Cuci Daging Sebelum Disimpan

Menghindari mencuci daging sebelum disimpan adalah langkah penting dalam cara menyimpan daging di kulkas. Air dapat memicu pertumbuhan bakteri dan jamur, yang dapat menjadi penyebab makanan menjadi busuk.

Oleh karena itu, daging sebaiknya tidak dicuci sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

3. Bersihkan Kulkas Secara Rutin

Kebersihan kulkas sangat berpengaruh pada kesegaran daging yang ingin disimpan. Pastikan untuk secara rutin membersihkan kulkas dari tumpahan makanan atau kotoran untuk mencegah timbulnya bau tidak sedap.

Kebersihan ini juga membantu mencegah risiko kontaminasi terhadap daging yang disimpan di dalamnya.

4. Perhatikan Kondisi Daging

Sebelum menyimpan daging di kulkas, penting untuk memperhatikan kondisi daging. Potong daging saat masih segar sebelum menyimpannya, dan jika membeli daging kemasan, ikuti petunjuk penyimpanan yang tertera pada kemasannya.

Periksa juga tanggal kedaluwarsa sebelum mengolah daging kemasan, dan buang segera jika sudah basi atau busuk.

5. Atur Suhu Kulkas dengan Cermat

Pastikan untuk memperhatikan suhu kulkas Anda. Sebelum menyimpan makanan, pastikan bahwa suhu kulkas berada di bawah 4 °C.

Daging mentah dapat bertahan selama beberapa hari di dalam kulkas, tetapi jika tidak berencana memasak dalam waktu dekat, sebaiknya disimpan di dalam freezer hingga beku.

Hindari membuka-tutup pintu kulkas terlalu sering, karena hal ini dapat meningkatkan suhu kulkas.

6. Terapkan Sistem First In, First Out (FIFO)

Gunakan sistem FIFO untuk menyimpan daging di kulkas. Letakkan bahan makanan yang lebih dulu disimpan di bagian depan atau atas kulkas.

Pemberian label pada bungkus daging dengan mencantumkan hari dan tanggal pembelian memudahkan penggunaan sistem FIFO.

Ini membantu Anda mengetahui mana bahan makanan yang perlu diambil lebih dulu dan memastikan penggunaan sesuai batas waktu.

7. Jangan Dibekukan Lagi

Setelah mengeluarkan daging dari kulkas, segera olah semuanya agar tidak ada sisa yang harus dibekukan kembali.

Membekukan kembali daging mentah yang telah dicairkan dapat menurunkan kualitas daging dan membuatnya cepat busuk.

Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, bagi-bagi porsinya sehingga ketika akan dimasak, Anda hanya perlu mengeluarkan dan mencairkan daging beku seperlunya.

Lama waktu penyimpanan daging di kulkas tergantung pada jenis dagingnya:

  1. Daging Merah: Daging sapi mentah dapat disimpan selama 3–5 hari, sementara daging matang dapat bertahan selama 3–4 hari. Dalam freezer, daging kambing mentah dapat bertahan selama 4–12 bulan, dan daging kambing matang selama 3–4 bulan.
  2. Daging Unggas: Daging ayam mentah dapat bertahan selama 1–2 hari di kulkas, sedangkan di freezer, potongan daging ayam dapat bertahan hingga 9 bulan. Daging unggas utuh bisa bertahan sekitar satu tahun jika dibekukan.
  3. Makanan Laut: Ikan dan makanan laut segar mentah dapat disimpan dalam kulkas selama 1–3 hari sebelum diolah. Dalam freezer, makanan laut segar dapat bertahan hingga enam bulan.
  4. Daging Giling: Daging giling dapat bertahan di kulkas selama 1–2 hari dan di freezer selama 3–4 bulan.
  5. Daging Olahan: Produk daging olahan seperti sosis, kornet, dan bacon dapat bertahan dalam kulkas hingga 2 minggu, sedangkan dalam freezer selama satu sampai dua bulan.

Dengan mematuhi panduan ini, Anda dapat memastikan daging tetap segar dan berkualitas saat disimpan di dalam kulkas. Ingatlah bahwa cara menyimpan daging yang benar tidak hanya mempengaruhi rasa hidangan tetapi juga keselamatan konsumen.

Innocent Beast tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

  1. Assistant Secretary for Public Affairs. (2022). Cold Food Storage Chart. FoodSafety.gov. Retrieved July 17 2023, from https://www.foodsafety.gov/food-safety-charts/cold-food-storage-charts
  2. 10 Common Food Safety Mistakes. (2021). Retrieved July 17 2023, from https://www.eatright.org/homefoodsafety/safety-tips/food-poisoning/10-common-food-safety-mistakes
  3. Food Safety and Inspection Service. Beef From Farm To Table | Food Safety and Inspection Service. (n.d.). Retrieved July 17 2023, from https://www.fsis.usda.gov/food-safety/safe-food-handling-and-preparation/meat/beef-farm-table#26
  4. Keep food safe by implementing the “FIFO” system. (2014). Retrieved July 17 2023, from https://www.canr.msu.edu/news/keep_food_safe_by_implementing_the_fifo_system
  5. Are You Storing Food Safely?. (2021). Retrieved July 17 2023, from https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/are-you-storing-food-safely
0 0 votes
Rating Artikel
Langganan
Beritahukan
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komentar Anda sangatlah berharga bagi kami. Jangan ragu untuk berbagi pandangan Anda.x
()
x
Innocent Beast
Logo